Ini Dia Novel Aceh yang Direkomendasikan Universitas Mataram

Oleh :

Bagikan |

Abstract

Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel Jiwa yang Termaafkan karya Teungkumalemi, dan (2) relevansinya dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan nilai edukatif yang terkandung dalam novel jiwa yang termaafkan dan relevansinya dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik.

Data yang digunakan sebagai dasar penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat serta sikap yang ditampilkan oleh para tokoh yang menggambarkan nilai-nilai dalam novel Jiwa yang Termaafkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) nilai edukatif yang terdapat dalam novel Jiwa yang Termaafkan berupa nilai keagamaan dan nilai moral. Adapun nilai yang paling dominan muncul dalam novel tersebut adalah nilai moral.

(2) analisis nilai-nilai berupa nilai edukatif yang terdapat dalam novel “Jiwa yang Termaafkan” ini berelevansi dengan analisis nilai-nilai yang terdapat dalam materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA:

(a) Kompetensi Dasar Kelas XI semester 1 yaitu: menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan indikator menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan instrinsik novel Indonesia.

(b) Kompetensi Dasar Kelas X semester II yaitu: menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik dengan indikator menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik.

(3) penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar dan panduan untuk siswa SMA karena novel tersebut dapat memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar untuk anak didik dan juga berelevansi dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya dibidang sastra dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Dan ini telah sesuai dengan mekanisme dan selaras dengan kompetensi beserta indikator pengajaran di dalam sistem pengajaran yang sistematis dan terkandung secara jelas di dalam kurikulum (KTSP), dengan adanya aspek-aspek yang berelevansi dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA, maka tujuan utama dalam penelitian ini dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditetapkan dan ditargetkan di dalam kurikulum (KTSP).

Lihat selengkapnya di sini.

BAGIKAN |

Postingan Terkait

untuk dibaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bacaan Lainnya

untuk kamu

- Advertisement -