Prakiraan Cuaca Aceh, Waspadai Hujan Petir & Gelombang Tinggi

Oleh

Herman Fithra

Dariaceh.com, Banda Aceh – Badan Meteorologi dan Geofisikan (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk hampir seluruh masyarakat di wilayah Aceh besok, Kamis (30/9/2021).

Peringatan itu mencakup hampir seluruh wilayah di pantai Timur, Tengah, dan Barat Aceh, kecuali Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Singkil, dan Simeulue.

Dilansir BMKG, secara umum kondisi cuaca di Pantai Barat dan Timur Aceh berbeda-beda antara pagi, siang, dan malam hari. Seperti hujan petir di pagi hari dan berawan hingga hujan ringan di siangnya. Begitupun di malam hari cerah berawan atau hujan ringan.Tidak ada prediksi hujan petir di malam besok.

Sementara untuk wilayah ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh, hujan ringan masih berpotensi terjadi dari pagi hingga siang harinya.

Untuk suhu udara berkisar antara 23-32 derajat celcius dengan kelembaban 55-95 persen. Suhu udara berbeda terjadi di wilayah Tengah Aceh, seperti Gayo Lues yang berkisar antara 16-25 derajat celcius.

Prakiraan Tingi Gelombang

BMKG juga memperkirakan gelombang tinggi antara 2,4 – 4 meter berpotensi terjadi di perairan Barat Aceh, Utara Sabang, Perairan Barat Pulau Simeulue, Peairan Barat Samudra Hindia Aceh.

Sedangkan tinggi gelombang di Selat Malaka diperkirakan berkisar antara 1,25 – 2,5 meter.

BMKG juga menghimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai cuaca ekstrem selama periode sepekan kedepan. Terutama untuk daerah-daerah rawan bencana hedrometeorologi.

1

2

3

4

5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

GREAT

Niat Tayamum, Syarat, Tata Cara dan Rukun Merujuk Hadis...

Niat tayamum harus mengawali perbuatan tayamum. Artikel ini menjelaskan arti tayamum, syarat, tata cara dan rukun berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw.

Aulia Tujuh

Cahaya dari Cahaya-Nya

Inong