SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
Halal LifestyleCerita Muhsen Hassanin, Petani Muslim di...

Cerita Muhsen Hassanin, Petani Muslim di Inggris

Save

INGGRIS: Muhsen Hassanin, seorang petani muslim di Inggris belajar sendiri menjalankan pertanian seluas 55 hektar, bernama Harmony Farm. Di lahan pertanian yang menghadap ke Lembah Usk, Wales tenggara itulah ia membesarkan anak-anaknya.

Muhsen awalnya tinggal di Barnet, London utara. Tempat di mana anak-anaknya mulai merasakan lingkungan yang asing.

ADVERTISEMENT

Harmony Farm terinspirasi oleh gagasan kehidupan seimbang yang menurutnya merupakan bagian integral dari tradisi Islam.

“Kata ‘mizan’ yang merupakan konsep kunci dalam Al-Qur’an berarti ‘keseimbangan alam yang sempurna’,” kata Muhsen, melansir dari BBC.

Muhsen mendorong orang-orang dari latar belakang etnis yang berbeda untuk menikmati hidup di alam terbuka.

ADVERTISEMENT

“Rasanya seperti ada sesuatu yang tidak selaras sebagaimana mestinya. Dari situlah keputusan untuk keluar dari kota dan membuat lompatan besar ini berasal,” ujarnya.

More Coverage:

5 Buah-Buahan Dalam Al-Qur’an, Nomor 3 & 5 Tumbuh di Indonesia

Muhsen memiliki lima orang anak yang tinggal di area Harmony Farm.

ADVERTISEMENT

“Sebenarnya itu adalah salah satu motivasi terbesar kami untuk datang ke sini. Menanam tumbuh-tumbuhan dan memelihara hewan, sehingga anak-anak dapat melihat semua prosesnya,” tutur Muhsen.

Petani Muslim di Inggris
Muhsen sibuk di dapur bersama kedua anaknya. (Image: BBC)

Komunitas Muslim

Dia tidak membayangkan pertanian tersebut berkembang dengan cepat menjadi jauh lebih besar.

Mereka yang berkunjung, menurut Muhsen, lebih banyak anak-anak kulit putih dari keluarga kelas menengah.

Sementara orang-orang di Inggris yang berasal dari latar belakang etnis kulit hitam, Asia dan minoritas (BAME), berdasarkan laporan Defra tahun 2019 adalah yang paling kecil atau sekitar 20% lebih sedikit anak-anak.

Muhsen bercita-cita menciptakan ruang yang aman bagi komunitas Muslim.

“Mereka bisa merasa nyaman dan juga mendapatkan semua manfaat yang dimiliki masyarakat pedesaan,” tambahnya.

Musim Panas

Kini orang-orang dari seluruh Inggris datang mengunjungi peternakan tersebut. Rata-rata pada musim panas mereka menerima sekitar 40 pengunjung setiap hari.

Sebagai seorang petani muslim di Inggris, Muhsen percaya bahwa salah satu elemen yang membuat orang tertarik pada pertanian ini adalah hubungan yang mereka rasakan dengan warisan budaya mereka.

“Salah satu pesan yang kami dapatkan adalah seperti pulang ke rumah tanpa ada beban,” ujarnya.

Tetapi kebanyakan yang datang, sebut dia, karena orang tua mereka pada masa kecil juga memerah susu sapi, tetapi anak-anak mereka tumbuh besar di kota dan merasa ada sesuatu yang hilang.

Banyak tamu yang menginap dan Muhsen serta keluarganya memasak makanan tradisional dan halal untuk mereka dari sayuran yang ditanam sendiri.

“Saya sangat sebang menjadi tuan rumah, menjaga dan memberi mereka makanan enak,” katanya.

Menurut Muhsen, banyak tamu bahkan ingin duduk di lantai meski disediakan tempat duduk. Karena itu, Muhsen terkadang mengatakan dia mempertanyakan identitasnya sendiri dan merasa tidak yakin di mana dia berada.

“Saya orang Inggris, tapi seperti bukan orang Inggris dalam hal ini. Itulah perasaan yang Anda rasakan saat tumbuh dewasa,” ujarnya.

Muhsen menambahkan, ada kekhawatiran ketika seseorang melihat orang lain dari komunitas berbeda yang tidak mereka kenal, tapi hal itu akan terkoreksi melalui interaksi.

“Jadi, tujuan saya datang ke sini adalah menjadi pionir di garis depan yang bekerja dengan masyarakat. Menunjukkan kepada mereka tentang kami dan kemudian membuka pintu bagi orang lain,” kata Muhsen.

ADVERTISEMENT

Related stories:

2 Jenis Haram dan 5 Alasan Kenapa Halal Sangat Penting

Gaya hidup halal, mulai dari makanan hingga harta benda menjadi kewajiban utama bagi setiap muslim.

Strategi Kolaborasi Pembelajaran Tatap Muka Dengan Google Classroom

Mengkolaborasikan pembelajaran tatap muka dengan Google Classroom akan membuat proses belajar mengajar menyenangkan dan berkualitas.

7 Tips Menulis Kreatif untuk Artikel dan Opini di Media Online

Readability adalah syarat utama dari segudang tips menulis kreatif lainnya.

7 Aplikasi Menulis dan Strategi untuk Menghasilkan Uang

Ini dia 7 aplikasi menulis novel rekomendasi Dariaceh dari dalam dan luar negeri beserta strateginya.

Kenali 5 Hal ini Agar Hasil Sahammu Tetap Halal

Jumlah investor di pasar modal kini mencapai 6 juta orang. Yuk! Kenali ciri-ciri saham halal agar hasilnya juga halal. 

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.