7 Fakta Kurma yang Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan

Oleh

Bagi seorang muslim, kita mengenal kurma sebagai buah kesukaan Nabi Muhammad S.A.W. Beliau bahkan mensunnahkan berbuka puasa dengan yang manis-manis. Khususnya kurma.

Nabi sendiri sangat menyukai kurma Ajwa atau biasa dikenal di masyarakat sebagai kurma nabi. Ajwa berasal dari nama anak Salman Al-Farisi, Nasrani yang akhirnya memeluk Islam. Salman Al-Farisi mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuangan Islam.

Untuk menghormati jasa-jasanya, Nabi lalu menamakan kurma yang beliau biasa makan saat berbuka dengan nama Ajwa.

Kurma tumbuh di daerah beriklim tropis. Terutama Timur Tengah. Tetapi taukah kamu nutrisi dan manfaat yang terkandung didalamnya? Berikut 8 fakta tentang buah ini yang sangat menakjubkan.

  1.   Nutrisi

Nutrisi dalam kurma berasal dari karbohidrat dan protein yang terkandung di dalamnya. Namun juga mengandung sejumlah serat, mineral, dan vitamin.

Melansir dari Healthlineberikut jumlah nutrisi dalam 100 gramnya:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20%
  • Magnesium: 14%
  • Tembaga: 18%
  • Mangan: 15%
  • Besi: 5%
  • Vitamin B6: 12%

Didalamnya juga terdapat antioksidan yang tinggi dan dapat berkontribusi terhadap kesehatan.

Baca juga: dr. Zaidul Akbar: Simpel, Makan ini Agar Perut & Otak Sehat

2. Tinggi Serat

Kurma juga merupakan buah yang tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Dapat mencegah sembelit dan membuat buang air besar (BAB) menjadi lancar.

Tidak hanya sebatas itu, seratnya pada buah ini juga baik bagi penderita gula darah atau diabetes. Dalam hal ini, memperlambat proses pencernaan, sehingga menghambat gula darah melonjak terlalu tinggi.

3. Tinggi Antioksidan.

Antioksidan dapat menangkal banyak sumber penyakit. Kurma mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini berguna untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan banyak sumber penyakit.

Terdapat 3 antioksidan yang sangat kuat, yaitu:

  • Flavonoid: Membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko diabetes, alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: Berguna meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko gangguan mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik: Ini adalah anti inflamasi yang membantu menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.

4. Mempermudah Persalinan

Sebuah studi menunjukkan, perempuan yang mengkonsumsi 6 buah kurma selama 4 minggu akan lebih mudah saat persalinan.

Hal ini karena pengaruh senyawa yang mengikat reseptor oksitosin. Meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Selain itu, kurma mengandung tanin, senyawa yang dapat membantu kontraksi. Juga merupakan sumber gula dan kalori alami yang diperlukan untuk menjaga energi selama persalinan.

Editor Pick


5. Pemanis Alami

Kurma adalah pengganti gula yang sangat baik karena mengandung fluktosa buah. Karena itu rasanya sangat manis dan karamel halus tentu saja dapat meningkatkan selera makan.

6. Baik untuk Tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan tulang. Terutama untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang atau osteoporosis.

7. Sumber Diet dan Pengganti Bahan Baku Kue yang Sehat

Cobalah untuk mengkombinasikan olahan kurma yang telah dibuat sebagai manisan sebagai bahan baku sejumlah kue yang lezat. Karena sifatnya sangat lengket, buah ini bisa juga dimanfaatkan sebagai perekat makanan yang dipanggang.

Bisa juga mengkombinasikannya bersama kacang almond atau keju batangan.***

1

2

3

4

5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

GREAT

Niat Tayamum, Syarat, Tata Cara dan Rukun Merujuk Hadis...

Niat tayamum harus mengawali perbuatan tayamum. Artikel ini menjelaskan arti tayamum, syarat, tata cara dan rukun berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw.

Aulia Tujuh

Cahaya dari Cahaya-Nya

Inong