Dicintai di Amerika, ini Kandungan Nutrisi Dalam Pisang

Oleh

Pisang adalah jenis buah-buahan yang dapat kita temui dengan mudah di Indonesia. Tetapi ternyata pengkonsumsi pisang terbesar di dunia adalah Amerika Serikat (USA). Anehnya, tanah di USA tidak cocok untuk budidaya pisang.

USDA Food Composition Databases, semacam Kementerian Pertanian di Indonesia melansir, pisang memiliki nutrisi yang sangat fantastis.

Menurut USA Department of Agriculture, pisang adalah sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, anti oksidan, fitonutrien yang sehat.

Nutrisi

Untuk 1 buah pisang ukuran sedang (100 gram), pusat penelitian Departemen Pertanian USA meliris jumlah nutrisi yang dikandungnya:

Baca juga: Penelitian Harvard ini Ungkap Seberapa Penting Perlu Menghindari Stress
  • Kalori: 89
  • Air: 75%
  • Protein: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 12,2 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Kabohidrat

Dikutip dari National Library of Medicine Espanol. sebagaimana ditulis Healthline, karbohidat dalam pisang akan berkurang selama proses pematangan hingga kurang dari 1%.

Jenis gula yang paling umum dalam pisang matang adalah sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Pisang memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah yaitu 42-58, tergantung pada kematangannya.

GI adalah ukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan memasuki aliran darah Anda.

Sumber Serat Baik

Sebagian besar pati dalam pisang mentah adalah pati resisten, yang melewati usus tidak tercerna.

Di usus besar, pati ini difermentasi oleh bakteri untuk membentuk butirat, asam lemak rantai pendek yang tampaknya memiliki efek menguntungkan pada kesehatan usus.

Pisang juga merupakan sumber serat jenis pektin. Beberapa pektin dalam pisang larut dalam air. Saat pisang matang, proporsi pektin yang larut dalam air meningkat. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa pisang menjadi lunak seiring waktu.

Baca juga: Mau Menikah? Bukan Senin atau Kamis, ini Hari & Bulan Baiknya

Vitamin dan Mineral

Pisang juga merupakan sumber potasium, vitamin, dan mineral yang baik.

  • Potasium. Pisang adalah sumber potasium. Diet tinggi kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Satu buah pisang mengandung 0,4 gram potasium. Beberapa penelitian menyebutkan, mengkonsumsi 1,3-1,4 gram potasium dalam sehari akan mengurangi hingga 26% resiko penyakit jantung.
  • Vitamin B6. Kandungan vitamin B6 dalam pisang sangat tinggi. Satu buah pisang dapat memenuhi hingga 33% dari Nilai Harian (DV) kebutuhan kita akan vitamin B6.
  • Vitamin C. Pisang juga merupakan sumber vitamin C yang baik.
Editor Pick

Senyawa Tumbuhan Lainnya

Pisang juga mengandung senyawa bioaktif. Sama seperti buah-buahan lainnya.

  • Dopamin. Dalam laman National Library of Medicine Espanol, disebutkan dopamin adalah neurotransmitter penting di otak. Tetapi istimewanya, dopamin dari pisang tidak mempengaruhi suasana hati karena tidak melewati penghalang darah-otak.
  • Katekin. Katekin merupakan antioksidan flavonoid yang di pisang. Anti oksidan ini juga dapat mengurangi resiko penurunan penyakit jantung.***

1

2

3

4

5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

GREAT

Niat Tayamum, Syarat, Tata Cara dan Rukun Merujuk Hadis...

Niat tayamum harus mengawali perbuatan tayamum. Artikel ini menjelaskan arti tayamum, syarat, tata cara dan rukun berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw.

Aulia Tujuh

Cahaya dari Cahaya-Nya

Inong