SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
IslamHikmah6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam...

6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam di Dalam Surat Luqman

Save

D‌ARIACEH: Anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada kita sebagai penerus kehidupan di muka bumi ini. Kehadirannya ke dunia merupakan takdir Ilahi. Karenanya Allah juga telah menentukan cara mendidik anak menurut Islam.

Salah satu cara mendidik anak menurut Islam sebagaimana tersebut dalam Al-Quran Surat Luqman ayat 13-19.

ADVERTISEMENT

Sebagai orangtua, kita tentu memahami bahwa perjalanan kehidupan seorang anak mengalami serangkaian proses yang panjang. Mulai dari tahapan pertumbuhan maupun fase perkembangan berikutnya.

Pertumbuhan dan perkembangannya tentu membutuhkan komitmen orang tua dalam memberikan suplemen lahir maupun batin. Termasuk cara mendidik seorang anak agar tidak keluar dari tuntunan Islam. Hal ini merupakan bagian dari tugas orangtua dalam mendidik anak dan merupakan bentuk pertanggungjawaban kelak di akhirat.

More coverage:

ADVERTISEMENT

5 Buah-Buahan Dalam Al-Qur’an, Nomor 3 & 5 Tumbuh di Indonesia

*

Anak-anak yang mendapatkan gizi dan kasih sayang yang cukup, maka tentu saja kualitas fisik dan mentalnya juga akan lebih bagus.

Oleh karena itu, orang tua sebagai katalisator utama dalam mendidik anak juga perlu memperoleh edukasi atau pendidikan yang sesuai tuntunan Islam agar dapat mengawasi pertumbuhan fisik dan mental anak dengan benar.

ADVERTISEMENT

Terlebih lagi, anak sebagai makhluk ciptaan Allah, seiring dengan pertambahan usia tentu saja mengalami fase pertumbuhan secara biologis. Ia akan beranjak remaja yang kemudian berpengaruh terhadap perubahan sikap dan tingkah lakunya.

Ini bukanlah hal aneh, melainkan hasil kerja sistem hormon di dalam tubuh seseorang.

Pada fase ini, kita selaku orang tua dituntut dapat mengawasinya secara ekstra. Anak-anak harus diarahkan agar tidak terpengaruh dengan lingkungan negatif sebagai akibat asimilasi budaya di era globalisasi ini.

Cara Luqman Mendidik Anaknya

Dalam Al-Quran Surat Luqman ayat 13-19, Allah telah menjelaskan hal-hal yang harus menjadi perhatian orangtua tentang cara mendidik anak menurut Islam, yaitu:

1. Mengajarkan Tauhid

Mengajarkan ilmu tauhid adalah langkah pertama yang harus orangtua lakukan agar anak-anak kita tidak terjerumus ke dalam perbuatan yang mempersekutukan Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Luqman, ayat 13:

وَاِذۡ قَالَ لُقۡمٰنُ لِا بۡنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَىَّ لَا تُشۡرِكۡ بِاللّٰهِ ؕ اِنَّ الشِّرۡكَ لَـظُلۡمٌ عَظِيۡمٌ‏

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Lukman: 13)

Cara terbaik mendidik anak agar memahami tentang keesaan Allah SWT dalam Islam dinataranya dengan cara membacakan kisah-kisah para nabi. Salah satunya adalah kisah Nabi Ibrahim a.s. dalam mencari Tuhan.

Orangtua juga dapat mengajarkan 20 sifat-sifat Allah SWT dengan metode yang mudah diingat anak-anak.

2. Mendidik Anak Berbuat Baik pada Kedua Orangtua

Berbuat baik kepada kedua orangtua adalah wujud rasa syukur seorang anak kepada Allah dan kedua orangtuanya.

Mendidik seorang anak agar tahu tentang hikmah berbuat baik kepada kedua orangtua dalam Islam sangatlah penting.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Luqman, ayat 14:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ​ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ‏

Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (QS: Luqman: 14)

Tetapi hal itu tidak berlaku apabila kedua orangtua kita menyuruh untuk mungkar kepada Allah SWT.

وَاِنۡ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنۡ تُشۡرِكَ بِىۡ مَا لَيۡسَ لَكَ بِهٖ عِلۡمٌ ۙ فَلَا تُطِعۡهُمَا​ وَصَاحِبۡهُمَا فِى الدُّنۡيَا مَعۡرُوۡفًا​ وَّاتَّبِعۡ سَبِيۡلَ مَنۡ اَنَابَ اِلَىَّ ​ۚ ثُمَّ اِلَىَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَاُنَبِّئُكُمۡ بِمَا كُنۡتُمۡ تَعۡمَلُوۡنَ‏

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. Luqman: 15)

3. Memperkenalkan Perbuatan yang Baik maupun Buruk

Orangtua sebaiknya mendidik dan memperkenalkan seorang anak dengan perbuatan baik maupun buruk, karena di dalam Islam, walau perbuatan itu sangat kecil sekalipun atau bahkan tersembunyi di dalam batu, sesungguhnya Allah akan membalasnya.

Firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Luqman, ayat 16:

يٰبُنَىَّ اِنَّهَاۤ اِنۡ تَكُ مِثۡقَالَ حَبَّةٍ مِّنۡ خَرۡدَلٍ فَتَكُنۡ فِىۡ صَخۡرَةٍ اَوۡ فِى السَّمٰوٰتِ اَوۡ فِى الۡاَرۡضِ يَاۡتِ بِهَا اللّٰهُ ​ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَطِيۡفٌ خَبِيۡرٌ‏

(Lukman berkata), “Wahai anakku! Sungguh, jika ada (suatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya (balasan). Sesungguhnya Allah Mahahalus, Mahateliti. (QS. Luqman: 16)

4. Membiasakan Shalat & Membaca Al-Qur’an Sejak Dini

Sudah seharusnya orangtua mendidik dan membiasakan seorang anak untuk shalat dan membaca Al-Quran sejak masih usia dini. Dengan demikian, shalat dan membaca Al-Quran akan melekat dalam jiwa seorang anak hingga ia dewasa.

Tidak hanya itu, shalat dan membaca Al-Quran juga akan membuat hati seseorang menjadi lembut dan jauh dari kemungkaran.

More coverage:

Ini Dia Sifat & Tata Cara Mandi Junub Nabi Muhammad

In Memoriam Prof Muslim: Dari Analogi Kereta Api Hingga Anggaran di DPRA

  • Meningkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Mendidik anak untuk shalat di dalam Islam juga akan mendorong akal sehat dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membuat seorang anak lebih peduli pada sesama. Hal ini sejalan dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain.

Maka seyogiyanya orangtua mendidik anak-anaknya agar dapat berinteraksi dengan baik di dalam lingkungan interaksinya. Bahkan anak-anak harus diajarkan untuk lebih peka terhadap hal-hal yang tidak baik yang menimpa dan merugikan orang disekitarnya.

Termasuk membiasakan seorang anak memberikan pertolongan kepada siapapun yang membutuhkan, baik secara material maupun spiritual.

  • Memupuk Rasa Sabar

Sifat sabar juga dapat terpupuk dari kebiasaan shalat.

Sabar adalah sifat terpuji yang paling sering disebut dalam Al-Quran hingga mencapai 70 kali. Begitu besarnya keutamaan sabar atas segala cobaan yang datang dari-Nya, sebagai ujian keimanan hamba yang beriman.

Maka sangatlah penting mendidik anak tentang sifat sabar dan wara di dalam Islam, dimulai dari lingkup yang kecil. Harapannya supaya ia kebal terhadap kerasnya dinamika kehidupan yang bakal ia hadapi nantinya.

Selain itu, orangtua juga sebaiknya mendidik dan mengajarkan anak-anaknya bahwa sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran Surat Luqman, ayat 17:

يٰبُنَىَّ اَقِمِ الصَّلٰوةَ وَاۡمُرۡ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَانۡهَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَاصۡبِرۡ عَلٰى مَاۤ اَصَابَكَ​ؕ اِنَّ ذٰلِكَ مِنۡ عَزۡمِ الۡاُمُوۡرِ​ۚ ‏

Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting. (QS. Luqman: 17)

5. Membiasakan Rendah Hati dan Tidak Sombong

Sifat rendah hati adalah antonim atau lawan dari sifat sombong. Rendah hati atau ‘tawadhu’ merupakan sifat yang mulia.

Seseorang yang rendah hati itu akan memperlakukan orang lain sesuai kedudukannya.

Abak-anak yang diajarkan untuk berperilaku rendah hati tentu akan senantiasa menghargai orang lain dalam pergaulannya. Sekalipun ia lebih hebat, tetapi tidak akan pernah meremehkan dan menyepelekan kawan-kawannya. Ditambah rasa empati dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Luqman, ayat 18:

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ​ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ‏

Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. (QS. Luqman: 18)

6. Mendidik Anak Berbicara dengan Suara Lembut Menurut Islam

Salah satu ukuran akhlak seseorang bisa dilihat dari cara dia berbicara dengan orang lain.

Orang dengan akhlak yang baik itu santun dan lembut dalam bicaranya. Anak-anak yang hidup dalam keluarga yang baik dan penuh tata krama, maka ia akan membawa kebiasaan positif di lingkungan pergaulannya.

وَاقۡصِدۡ فِىۡ مَشۡيِكَ وَاغۡضُضۡ مِنۡ صَوۡتِكَ​ؕ اِنَّ اَنۡكَرَ الۡاَصۡوَاتِ لَصَوۡتُ الۡحَمِيۡرِ

Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu, Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman: 19)

ADVERTISEMENT

Related stories:

Enam Strategi “All Eyes on Rafah” Indonesia Mendukung Palestina

YOGYAKARTA, Dariacehcom - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan enam strategi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina, “All Eyes On Rafah.""Situasi Palestina semakin memburuk....

Kumpulan Video Aksi Pemain Belanda Berdarah Meulaboh di Lapangan Hijau

Calvin Verdonk, 27, putra berdarah Meulaboh dari garis keturunan Ayahnya.

Penari India Puji Kopi Aceh di Gelar Melayu Serumpun

MEDAN, Dariacehcom - Penari tradisional asal India memuji kuatnya rasa kopi Aceh."Tapi rasanya nikmat," katanya pada acara "Gelar Melayu Serumpun" di Istana Maimun Medan,...

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.