Abu Mudi

Oleh

Tahun 1966 Hasanoel Bashry mulai beranjak remaja. Atas izin orangtuanya, sebuah keputusan penting diambil. Meninggalkan sekolah PGAP (setingkat SMP). Saat itu usianya masih 15 tahun. Kualitas pendidikan yang rendah menjadi alasan beralih belajar ke MUDI Mesjid Raya Samalanga. Lembaga pendidikan agama yang sudah sangat terkenal sejak zaman itu. Kelak kita mengenal beliau sebagai Abu Mudi.

Enam tahun belajar di MUDI, kecerdasannya mulai terasah. Puncaknya tahun 1972 beliau masuk kelas Bustanul Muhaqqiqin. Kelas itu mendapat pengasuhan langsung dari Abon Abdul Aziz. Pimpinan MUDI pada masa itu.

[2 Alasan Menurut Hadis ini Kenapa Harus Sabar]

Sepertinya di sinilah Abon Aziz makin yakin dengan kecerdasan, ketekunan, dan kedisiplinan Hasanoel Bashry muda. Abon Aziz lalu mendapuknya menjadi sekretaris umum MUDI. Tahun 1975, Hasanoel Bashry muda sudah mendapat kepercayaan sebagai ketua umum. Saat itu usianya baru 26 tahun.

Allah SWT lalu mentakdirkan beliau berjodoh dengan anak sulung Abon Aziz. Di usia 29 tahun Hasanoel Bashry muda melangsungkan pernikahan dengan Ummi Shalihah.

Abu Mudi
Abu Mudi bersama ulama Asia Tenggara saat berkunjung ke Dayah MUDI Mesjid Raya samalanga. (Foto: Twitter)

1

2

3

4

5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

GREAT

Niat Tayamum, Syarat, Tata Cara dan Rukun Merujuk Hadis...

Niat tayamum harus mengawali perbuatan tayamum. Artikel ini menjelaskan arti tayamum, syarat, tata cara dan rukun berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw.

Aulia Tujuh

Cahaya dari Cahaya-Nya

Inong