SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
IslamHikmahBos Hyundai Asia Pacific Jadi Mualaf...

Bos Hyundai Asia Pacific Jadi Mualaf Setelah Terinspirasi Keluarga Aceh

Save

DARIACEH: Lee betah hingga sebulan penuh tinggal di sebuah keluarga Aceh. Padahal saat itu ia bukan seorang muslim. Usianya baru 23 tahun. Lee kini menjabat Vice President Asia-Pacific Hyundai Motor Hongkong. Tradisi Islam dan keakraban dari keluarga Aceh yang ia kunjungi akhirnya membuat Lee berkunjung setiap tahunnya. Kelak ia mantap menjadi mualaf.

Tahun 1989 Lee Kang Hyun menginjakkan kakinya di Aceh untuk pertama kali. Ia rela menempuh perjalanan yang sangat jauh dari negaranya, Korea Selatan.

ADVERTISEMENT

Baca juga: Pocut Meurah Intan, Bukan Perlawanan Biasa Kesultanan Aceh

Lee sebelumnya bersahabat pena dengan anak Aceh. Pesona dan tradisi keluarga ini membuat Lee muda betah menetap hingga sebulan. Lee mengisahkan bahwa keluarga Aceh memegang kuat tradisi Islam.

Setiap hari Ayah dari sahabatnya itu mengajarkan anak-anak asuhnya mengaji. Mereka hidup dalam kesederhanaan. Ibunya mengurus panti asuhan.

ADVERTISEMENT

Perilaku dan cara hidup keluarga muslim di Aceh membuat Lee tertarik mempelajari Islam. Di sinilah awal ia mengenal agama ini.

Lee menceritakan kalau ia selalu terbayang dengan keluarga Aceh. Bahkan saat telah kembali ke Seoul, Korea Selatan. Ia pun memendam keinginan kuat bahwa suatu saat bisa bekerja di Indonesia.

Keinginan itu akhirnya diutarakan Lee kepada bosnya saat masih bekerja di Samsung Korea Selatan. Tahun 1993 keinginan Lee akhirnya terwujud.

Pada tahun pertama bertugas di Indonesia, Lee merasakan ada sesuatu yang memisahkan antara dirinya dengan masyarakat Indonesia. Lee akhirnya menemukan jawaban bahwa pemisah itu adalah Islam.

ADVERTISEMENT

Ia merasakan ada perbedaan yang sangat mencolok antara kehidupan masyarakat Korea dan Indonesia. Di Indonesia menurut Lee, agama adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Beda jauh dengan di Korea dimana banyak orang malah tidak beragama.

Ia akhirnya semakin mantap untuk menjadi mualaf. Tahun 1994, Lee akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Sunda Kelapa.

Saat-saat berat pada awal ia menjadi seorang muslim adalah ketika Lee pulang ke Korea pada bulan Ramadhan. Ada banyak godaan yang ia rasakan saat menjalankan ibadah puasa. Tetapi hal itu mampu ia lalui dengan baik.

Lee bersyukur orang Korea dan Samsung tidak mempermasalahkannya yang kini menjadi mualaf. Malah ia bisa mencapai puncak karir di Samsung Indonesia.

Menikah di Indonesia

Lee sempat mengalami penolakan dari orangtua dari calon istrinya karena ia orang Korea. Namun ia tidak menyerah. Lee membuktikan bahwa dirinya juga seperti orang Indonesia umumnya. Jauh dari stigma negatif.

Orangtua calon mempelai perempuan akhirnya merestui hubungan mereka. Istrinya merupakan seorang mantan pramugari. Gadis berdarah Sunda. Mereka melangsungkan pernikahan pada tahun 1996.

Tahun 2006, Lee bersama istri dan tiga anaknya sempat pindah ke kantor pusat Samsung di Korea. “Saya ingin istri dan anak saya bisa merasakan nuansa tinggal di Korea,” kata Lee dalam sebuah wawancara dengan jaringan media nasional di Jakarta.

Lee kemudian sempat pindah lagi ke Bangladesh. Tetapi tahun 2012 ia kembali ke Indonesia.

Dari Samsung ke Hyundai Motor

Ia adalah sosok yang membesarkan Samsung Indonesia di tengah higemoni merek Nokia pada masa itu. Namanya pun tidak bisa lepas begitu saja dari Samsung.

Tetapi pada tahun 2020 lalu, Lee mantap pindah ke Hyundai. Dalam wawancara dengan sebuah media nasional, melansir Grid.id, Lee sempat menyatakan kekecewaannya kepada Samsung karena lebih memilih berinvestasi di Vietnam ketimbang Indonesia.

Sementara Hyundai menurut Lee mulai serius menggarap pasar otomotif Indonesia. Dalam wawancara virtual dengan Beritasatu Maret 2021 lalu, Lee mengungkapkan, Hyundai berinvestasi 1,5 miliar Dollar AS untuk membangun pabrik di Indonesia. Hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Dengan investasi sebesar itu, pabrik Hyundai di Delta Mas itu akan mampu memproduksi 150 ribu unit pertahun untuk pasar lokal Indonesia dan Asia Tenggara.

Tetap istiqamah ‘Pak Haji’.

ADVERTISEMENT

Related stories:

6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam di Dalam Surat Luqman

D‌ARIACEH: Anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada kita sebagai penerus kehidupan di muka bumi ini. Kehadirannya ke dunia merupakan takdir Ilahi. Karenanya Allah...

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

Mengenal Pemimpin dan Aturan Mentaatinya

Bahkan terkadang terdapat orang yang membaca ayat yang artinya, “Taatlah akan Allah dan taatlah akan Rasul dan ulil amri.”

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.