SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
KesehatanKurang Aktivitas Fisik, 1,8 Miliar Orang...

Kurang Aktivitas Fisik, 1,8 Miliar Orang di Dunia Berisiko Terkena Penyakit

Save

JENEWA, Dariacehcom – Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, sekitar 1,8 miliar atau hampir sepertiga (31%) orang dewasa di seluruh dunia rentan terkena penyakit karena kurangnya aktivitas fisik.

WHO sendiri merekomendasikan, setiap orang dewasa setidaknya meluangkan waktu 150 menit untuk melakukan aktivitas dengan intensitas sedang dan 75 menit aktivitas dengan intensitas tinggi dalam seminggu.

ADVERTISEMENT

“Kurangnya aktivitas fisik menyebabkan seseorang berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, diabetes tipe 2, demensia, dan kanker seperti payudara dan usus besar,” kata Direktur Promosi Kesehatan WHO, Dr Rüdiger Krech dalam rilis media, (26/4/2024).

Studi tersebut dikuatkan oleh peneliti WHO yang dipublikasikan di jurnal The Lancet Global Health.

“Temuan baru ini menyoroti hilangnya peluang untuk mengurangi kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan melalui peningkatan aktivitas fisik,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Hasil penelitian menemukan bahwa ketidakaktifan fisik tertinggi ditemukan di wilayah Asia Pasifik (48%), Asia Selatan (45%), negara-negara Barat (28%) dan 14% di Oseania.

Tedros menyebutkan, yang memprihatinkan adalah masih adanya kesenjangan antara gender dan usia.

Hal ini terbukti dari kurangnya aktivitas fisik masih lebih umum terjadi di kalangan perempuan dibandingkan laki-laki, dengan tingkat ketidakaktifan sebesar 34% berbanding 29%.

“Di beberapa negara, perbedaan itu malah mencapai 20 persen,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Selain itu, lanjut Tedros, orang berusia di atas 60 tahun kurang aktif dibandingkan orang dewasa lainnya, sehingga penting mendorong aktivitas fisik bagi orang lanjut usia.

Dia mengatakan, kekurangan aktivitas fisik merupakan ancaman terhadap kesehatan global, dan berkontribusi signifikan terhadap beban penyakit kronis.

“Kita perlu menemukan cara inovatif untuk memotivasi masyarakat agar lebih aktif, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, lingkungan, dan latar belakang budaya,” sebut Rüdiger.

Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mendorong pemerintah di negara-negara dunia untuk memperbarui komitmen dalam meningkatkan aktivitas fisik dan memprioritaskan tindakan berani, “termasuk memperkuat kebijakan dan meningkatkan pendanaan untuk membalikkan tren yang mengkhawatirkan ini.” harapnya. /*

ADVERTISEMENT

Related stories:

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.