SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
IslamPortal Islam Terbaik di Indonesia

Portal Islam Terbaik di Indonesia

Save

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara langsung adalah kewajiban bagi setiap muslim. Sebaiknya belajar dari yang terbaik, salah satunya website Nahdlatul Ulama (NU)

Imam Al-Ghazali berkata,

ADVERTISEMENT

اَلْمُرِيْدُ يَحْتَاجُ إِلَى شَيْخٍ وَأُسْتَاذٍ يَقْتَدِيْ بِهِ لَا مَحَالَةَ لِيُهْدِيْهِ إِلَى سَوَاءِ السَّبِيْلِ فَإِنَّ سَبِيْلَ الدِّيْنِ غَامِضٌ وَسُبُلَ الشَّيْطَانِ كَثِيْرَةٌ ظَاهِرَةٌ فَمَنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ شَيْخٌ يُهْدِيْهِ قَادَهُ الشَّيْطَانُ إِلَى طُرُقِهِ لَا مَحَالَةَ

“Murid membutuhkan guru sebagai penunjuk jalan yang lurus karena jalan agama itu tersembunyi. Sedang jalan setan banyak dan nampak. Barangsiapa yang tidak mempunyai guru yang bisa memberinya petunjuk, maka setan pasti menuntun ia ke jalannya.”

Budaya belajar Islam secara digital atau “mandiri” tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang telah ikut mempengaruhi pola pikir sebagian orang. Terlebih dengan adanya kemudahan akses internet dan banyaknya konten-konten Islam yang berseliweran di dunia maya.

ADVERTISEMENT

More coverage:

Ini Dia 7 Pinjaman Online Syariah yang Sudah Mendapatkan Izin OJK

Sayangnya tidak semua orang mampu membedakan portal Islam yang kredibel dan sesuai dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah. Bukan portal Islam radikal atau malah terjerumus kedalam aliran sesat.

Belajar Islam dari dunia maya (website atau portal Islam dan video Youtube) sebaiknya hanya sebatas pada pengetahuan dasar. Berguru adalah tetap merupakan metode terbaik untuk belajar Islam.

ADVERTISEMENT

Allah berfirman dalam surat An-Nahl, ayat 43:

فَاسْـَٔلُوْٓا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَۙ – ٤٣

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”

Jikapun membutuhkan pengetahuan dasar tentang Islam, maka berikut beberapa rekomendasi website dan portal Islam yang dapat menambah wawasan Anda, tetapi tetap jangan lupa mensahihkan apa yang Anda baca kepada guru masing-masing.

Portal Islam rekomendasi

More coverage:

10 Top Website Universitas Terbaik Dunia & Indonesia

Berikut dua rekeomendasi website atau portal Islam untuk belajar  Islam dari lembaga atau instansi terpercaya di Indonesia:

1. Majelis Ulama Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengelola website resmi untuk mempublikasi fatwa-fatwa yang dikeluarkannya. Tetapi tidak hanya itu, website MUI juga menyediakan rubrik Khutbah dan Konsultasi.

Saat ini Ketua Umum MUI adalah K.H. Anwar Iskandar. Beliau adalah putra K.H. Iskandar yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Mambaul Ulum di Banyuwangi, Jawa Timur. Beliau saat ini juga menjabat sebagai Rais ‘Am Nahdlatul Ulama (NU) masa khidmat 2022-2027.

2.  Nahdlatul Ulama

NU Online adalah portal Islam milik Nahdlatul Ulama (NU), organisasi dengan jumlah pengikut terbesar di Indonesia. NU berdiri pada 31 Januari 1926 atau bertepatan dengan 16 Rajab 1344 H.

Website Nahdlatul Ulama ini membahas tema beragam mulai dari tauhid, fiqh hingga tasawuf.

Salah satu pendiri NU yang paling terkenal adalah KH. Hasyim Asy’ari yang juga pemegang tampuk kepemimpinan NU pertama. Saat ini terkenal dengan sebutan Rais Akbar.

KH. Hasyim Asy’ari adalah peletak prisip dasar orgasnisai NU. Beliau merumuskan Kitab Qanun Asasi dan kitab I’tiqad Ahlussunnah wal Jamaah.

Kedua kitab inilah yang kemudian menjadi dasar dan rujukan warga NU di bidang sosial, keagamaan, dan politik.

Saat ini, sesuai informasi yang tertulis dalam website Nahdlatul Ulama, Ketua Umum (Tanfidziyah) NU adalah KH. Yahya Cholil Staquf. Beliau adalah kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Ayahnya KH. Muhammad Cholil Bisri adalah ulama yang ikut mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Portal Islam alternatif

Selain dua portal Islam rekomendasi di atas, penulis juga memberikan alternatif dari dua laman website lainnya untuk belajar Islam, yaitu:

1. Laman Portal Kemenag.go.id

Website resmi Kementerian Agama  juga banyak menulis artikel tentang Islam yang mencakup kajian-kajian tauhid, fiqh, dan tasawuf.

Saat ini Menteri Agama dijabart oleh Yaqut Cholil Qoumas. Ia merupakan adik kandung dari Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum (Tanfidziyah) NU.

More coverage:

In Memoriam Prof Muslim: Dari Analogi Kereta Api Hingga Anggaran di DPRA

2. Laman Portal Republika

Suplemen resmi dari media Republika.co.id ini juga menyajikan pengetahuan mendasar tentang Islam.

Pada awal berdirinya, Republika merupakan media yang dipelopori oleh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dengan ketua pertama BJ Habibie. Republika dalam bentuk koran pertama kali terbit pada 4 Januari 1993.

Republika kini mempunyai dua versi, yaitu Republika online atau Republika.co.id dan replika dari Republika versi cetak yang kini tidak terbit lagi dan hanya terbit dalam versi digital.

Dalam versi digital Republika.id juga terdapat suplemen artikel-artikel tentang Islam.

ADVERTISEMENT

Related stories:

Enam Strategi “All Eyes on Rafah” Indonesia Mendukung Palestina

YOGYAKARTA, Dariacehcom - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan enam strategi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina, “All Eyes On Rafah.""Situasi Palestina semakin memburuk....

Kumpulan Video Aksi Pemain Belanda Berdarah Meulaboh di Lapangan Hijau

Calvin Verdonk, 27, putra berdarah Meulaboh dari garis keturunan Ayahnya.

Penari India Puji Kopi Aceh di Gelar Melayu Serumpun

MEDAN, Dariacehcom - Penari tradisional asal India memuji kuatnya rasa kopi Aceh."Tapi rasanya nikmat," katanya pada acara "Gelar Melayu Serumpun" di Istana Maimun Medan,...

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.