Alamat Digitalmu, 100% gratis!

TOPICS :

Ini Dia 7 Pinjaman Online Syariah yang Sudah Mendapatkan Izin OJK

DARIACEH: Tujuh daftar pinjaman online (Pinjol) syariah berizin permanen OJK mempunyai program mulai dari pembiayaan properti, UMKM, belanja di marketplace, hingga konsumtif. Tertarik? Awas yang ilegal!

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas jasa keuangan di Indonesia telah memverifikasi 106 pinjaman online legal di Indonesia.

ADVERTISEMENT

9 dari daftar pinjaman online itu diantaranya berbasis syariah. Tunduk pada ketentuan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonasia (DSN MUI). Salah satu tugas DSN adalah menetapkan fatwa tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

Tetapi, terdapat dua daftar pinjaman online syariah lainnya yang saat ini masih berstatus terdaftar di OJK.  Artinya dalam proses mendapatkan izin permanen.

Kami merangkum tujuh pinjaman online berbasis syariah berizin permanen dari laman OJK  yang update pada tanggal 6 Oktober 2021 berikut ini:

ADVERTISEMENT

1. Investree

Pinjaman online ini punya 2 model pembiayaan, konvensional dan syariah. Untuk muslim muda bisa mencoba yang berbasis syariah, tetapi sesuai kebutuhan saja ya! Bukan menuruti keinginan.

Melansir dari laman resminya Investree, Investree merupakan pinjaman online syariah berbasis peer-to-peer lending marketplace di Indonesia. Artinya online marketplace yang mempertemukan orang yang mempunyai kebutuhan pendanaan dengan orang yang bersedia meminjamkan dananya.

Investree punya program Online Seller Financing Syariah. Ini adalah pembiayaan jangka pendek untuk penjual online aktif di e-commerce marketplace.

Pinjaman yang dapat kamu peroleh mulai dari Rp2 juta – Rp2 miliar dengan jangka waktu maksimal 24 bulan.

ADVERTISEMENT

2. Ammana

Ammana punya program Paylater, yaitu fasilitas talangan belanja syariah di merchant pilihan. Antara yang tersedia adalah LinkAja, Bhinneka.com, dll.

Mereka juga punya program pembiayaan haji yang sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 004/MUNAS X/MUI/XI/2020 Tentang Pembayaran Setoran Awal Haji Dengan Utang dan Pembiayaan.

3. Alami

Mereka juga merupakan pinjaman online berbasi peer-to-peer lending syariah, yaitu yang mempertemukan antara yang membutuhkan modal dengan pemberi modal dengan prinsip-prinsip syariah dan di bawah pengawasan DSN MUI.

Alami juga menyediakan pembiayaan hingga Rp2 miliar untuk usaha atau UMKM kamu.

4. Dana Syariah

Dana Syariah fokus pada program pembiayaan properti. Jika kamu punya tanah dan bermaksud membangun properti untuk menjualnya kembali, kamu bisa coba pembiayaan dari Dana Syariah. Atau punya properti untuk dijual, tetapi kekurangan pendanaan.

Dana Syariah juga bekerja atas prinsip peer-to-peer lending syariah dengan akad murabahah. Jadi bila kamu punya dana berlebih dan bermaksud untuk menginvestasinya secara syariah, kamu juga bisa melakukannya di sini.

5. Duha Syariah

Mereka menyediakan pembiayaan secara syariah untuk kamu yang ingin berbelanja barang/jasa (konsumtif) di platform marketplace yang bekerjasama dengan Duha. Kamu bisa mendapatkan maksimal limit pembiayaan hingga Rp20 juta.

Di Duha Syariah kamu juga bisa mendapatkan pembiayaan untuk umrah atau perjalanan wisata halal dengan limit pembiyaan sampai Rp30 juta.

6. Qazwa

Qazwa juga merupakan peer-to-peer lending syariah. Tetapi mereka punya ruang lingkup pembiayaan yang lebih luas. Program-program mereka seperti pembiayaan properti, usaha dagang sembako, dll, serta budidaya binatang ternak, misal, kambing etawa. 

Di Qazwa kamu juga bisa menginvestasikan danamu atau meminjam secara syariah. 

Dalam pelaksanaannya, Qazwa menggunakan 2 akad, yaitu:

Akad Mudharabah

Modal yang diberikan kepada Penerima Dana (UMKM) akan dikelola dan digunakan untuk melaksanakan aktivitas operasional bisnis, berkaitan dengan objek/barang yang akan diperjualbelikan

Akad Murabahah

Modal yang diberikan kepada Penerima Dana (UMKM) akan digunakan untuk pembelian barang/bahan baku produksi dengan tambahan keuntungan (marjin) yang disepakati.

7. Papitupi Syariah

Papitupi Syariah adalah pinjaman onlinenya para konsumtif. Kamu bisa meminjam dana hingga maksimal Rp30 juta. Melansir dari laman resminya, Papitupi menyediakan beberapa program, seperti belanja untuk kebutuhan renovasi rumah, membeli obat-obatan dan perlengkapan medis, membeli perlengkapan sekolah, hingga perlengkapan rumah tangga.

Nah, ketika ada yang legal, syariah, dan berizin OJK, kenapa harus yang ilegal?


BERITA LAINNYA

 

ADVERTISEMENT

Related stories:

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

Cerita Muhsen Hassanin, Petani Muslim di Inggris

INGGRIS: Muhsen Hassanin, seorang petani muslim di Inggris belajar sendiri menjalankan pertanian seluas 55 hektar, bernama Harmony Farm. Di lahan pertanian yang menghadap ke...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

Nasir Djamil: dari Jurnalis ke Panggung Politik

Nasir Djamil adalah satu dari segelintir politisi yang vokal dan konsisten mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat. Untuk itu, iapun sering kali...

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5

Tinggalkan ulasan

Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.  

TERKINI

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam di Dalam Surat Luqman

D‌ARIACEH: Anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada kita sebagai penerus kehidupan di muka bumi ini. Kehadirannya ke dunia merupakan takdir Ilahi. Karenanya Allah...

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Islam Digest

Bos Hyundai Asia Pacific Jadi Mualaf...

Lee betah hingga sebulan penuh tinggal di sebuah keluarga Aceh. Usianya baru 23 tahun. Lima tahun kemudian ia mantap menjadi mualaf.

Surat-Surat Sultan Aceh vs Belanda Menjelang...

Sultan Aceh terang menyatakan menolak mengakui kedaulatan Sri Paduka Raja Belanda atas Aceh. Inilah awal invasi ke-1 Belanda, April 1873.

Karya dan Aceh Dimata Ulama Sejak...

Aceh adalah kiblat utama dalam sejarah tradisi keilmuan Islam di Asia Tenggara. Ulama Aceh juga mengilhami karya ulama nusantara berikutnya.

10 Top Website Universitas Terbaik Dunia...

Website yang simpel dan mobile friendly kini menjadi pilihan semua universitas terbaik di dunia dan Indonesia saat ini.

Mengupas Kembali Peutuah Abu Tumin tentang...

“Tidak ada ilmu yang lebih indah selain ilmu iman.” -- Abu Tumin Blang Bladeh

dariaceh