Kisah Cinta Ratu Safiatuddin dan Tsani di Kerajaan Aceh

Oleh

Herman Fithra

Taj ‘al-‘Alam masih akan beranjak remaja. Puteri tertua Sultan Iskandar Muda dari Kerajaan Aceh itu sudah mau dijodohkan dengan Tsani. Berbeda dengan Taj ‘al-‘Alam, Tsani malah lebih belia lagi.

Kisah cinta keduanya tidak terlepas dari peran kedua orangtua mereka. Sultan Iskandar Muda dan Permaisuri Kerajaan Pahang.

Taj ‘al-‘Alam punya banyak sebutan. Seri Alam adalah sebutannya yang lain. Kelak orang mengenalnya Ratu Safiatuddin.

Tsani adalah Sultan Iskandar Tsani.

Suatu ketika, setelah dua tahun Tsani berada di Aceh sebagai tawanan perang, Sultan memanggilnya menghadap. Tsani dan kedua orangtuanya pertama kali tiba di Aceh tahun 1618.

Baca juga: Banda Aceh Tahun 1621 Dalam Gambaran Laksamana Perancis

Dalam Bustanus ‘Salatin, Sultan kabarnya begitu bahagia dengan kedatangan Tsani dan memberinya pakaian mewah. Singgasana berlantai emas.

Momen ini terjadi ketika Sultan Iskandar Muda telah menikahi Permaisuri Kerajaan Pahang. Sultan Ahmad meninggal setelah beberapa lama berada di Aceh.

Sultan Iskandar Muda lalu menikahi permaisuri Sultan Ahmad tersebut. Kita mengenalnya Putroe Phang. Permaisuri yang cantik jelita.

Kerajaan Aceh
Gambar Ratu Safiatuddin dalam karya Ali Hasjmy. (Foto: Republika)

Pada masanya, Tsani kabarnya punya garis keturunan dengan Iskandar Zulkarnain. Seorang raja muslim yang wilayah taklukannya meliputi Barat dan Timur.

1

2

3

4

5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

GREAT

Niat Tayamum, Syarat, Tata Cara dan Rukun Merujuk Hadis...

Niat tayamum harus mengawali perbuatan tayamum. Artikel ini menjelaskan arti tayamum, syarat, tata cara dan rukun berdasarkan hadis Nabi Muhammad Saw.

Aulia Tujuh

Cahaya dari Cahaya-Nya

Inong