Alamat Digitalmu, 100% gratis!

TOPICS :

BI Perbarui Gambar Tjut Meutia di Uang 1000 Tahun Emisi 2022

DARIACEH: Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022, kemarin (18/8). Salah satunya, uang 1000 dengan latar gambar Tjut Meutia.

Meski tetap mempertahankan gambar Tjut Meutia, namun BI sedikit memperbaruinya sehingga terlihat berbeda dari uang 1000 rupiah tahun emisi 2016 lalu. Nominal lain yang BI luncurkan bertepatan dengan HUT ke-77 kemerdekaan RI itu adalah pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2000.

ADVERTISEMENT

Uang tahun edar 2022 tetap mempertahankan gambar pahlawan nasional pada bagian depan seperti pada uang tahun emisi 2016, tetapi desain dan warnanya berbeda. Terlihat lebih ‘segar’.

Bila melihat dari laman resmi bi.go.id, gambar-gambar pahlawan nasional pada uang pecahan lainnya tetap identik seperti uang tahun emisi 2016. Tetapi, gambar Tjut Meutia pada uang pecahan 1000 rupiah yang terlihat telah dibarui.

Gambar Tjut Meutia terlihat menjadi “lebih rapi dan muda” bila membandingkannya dengan uang 1000 rupiah tahun emisi 2016.

ADVERTISEMENT
Uang 1000 tahun emisi 2016
Uang 1000 rupiah tahun emisi 2016. (Ist./REPRO: Dariaceh.com)
Uang 1000 rupiah tahun emisi 2022
Uang 1000 rupiah tahun emisi 2022. (Ist./REPRO: Dariaceh.com)

Berdasarkan data di Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (Direktorat K2KRS), Kementerian Sosial RI, Tjut Meutia meninggal pada 24 Oktober 1910 dalam usia 40 tahun. Makamnya terletak di Pira Timur, Aceh Utara.

Bagian belakang uang

Sementara pada bagian belakang uang tahun 2022, BI masih mempertahankan tema kebudayaan Indonesia. Memuat gambar tarian, pemandangan alam, dan flora.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam rilis media menyebutkan, uang tahun emisi 2022 memiliki desain warna lebih tajam. Selain itu, unsur pengaman yang andal, dan ketahanan bahan semakin baik.

“Inovasi ini agar masyarakat makin mudah mengenali keaslian uang rupiah, nyaman, dan sulit memalsukannya,” kata Erwin.

ADVERTISEMENT

More Coverage:

Cut Nyak Dhien


Meski mengeluarkan uang tahun edar 2022, dia menegaskan, hal itu tidak memiliki dampak terhadap pencabutan atau penarikan uang rupiah tahun emisi sebelumnya.

“Seluruh uang kertas dan logam tahun emisi sebelumnya tetap berlaku, sepanjang BI belum memutuskan untuk mencabutnya dari peredaran,” ujar dia.

Bisa tukar melalui aplikasi Pintar

Erwin menambahkan, pengeluaran uang tahun edar 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini selaras dengan tema HUT RI ke-77, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.”

Penukaran uang lama dengan uang tahun edar 2022 dapat melalui perbankan atau kas keliling Bank Indonesia. Namun, pemesanan penukaran melalui kas keliling harus terlebih dahulu mengakses aplikasi PINTAR dengan alamat website https://pintar.bi.go.id.

ADVERTISEMENT

Related stories:

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

Nasir Djamil: dari Jurnalis ke Panggung Politik

Nasir Djamil adalah satu dari segelintir politisi yang vokal dan konsisten mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat. Untuk itu, iapun sering kali...

Maaf, di Pemilu 2024 ini KTP Kami Masih Merah Putih

PEMILU 2024., Banda Aceh - Intonasi bicaranya menekan lawan bicara. Ia baru kami kenal kembali setelah 10 tahun berlalu. Istri saya. Ia memang super...

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5

Tinggalkan ulasan

Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.  

TERKINI

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam di Dalam Surat Luqman

D‌ARIACEH: Anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada kita sebagai penerus kehidupan di muka bumi ini. Kehadirannya ke dunia merupakan takdir Ilahi. Karenanya Allah...

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Islam Digest

Bos Hyundai Asia Pacific Jadi Mualaf...

Lee betah hingga sebulan penuh tinggal di sebuah keluarga Aceh. Usianya baru 23 tahun. Lima tahun kemudian ia mantap menjadi mualaf.

Surat-Surat Sultan Aceh vs Belanda Menjelang...

Sultan Aceh terang menyatakan menolak mengakui kedaulatan Sri Paduka Raja Belanda atas Aceh. Inilah awal invasi ke-1 Belanda, April 1873.

Karya dan Aceh Dimata Ulama Sejak...

Aceh adalah kiblat utama dalam sejarah tradisi keilmuan Islam di Asia Tenggara. Ulama Aceh juga mengilhami karya ulama nusantara berikutnya.

10 Top Website Universitas Terbaik Dunia...

Website yang simpel dan mobile friendly kini menjadi pilihan semua universitas terbaik di dunia dan Indonesia saat ini.

Mengupas Kembali Peutuah Abu Tumin tentang...

“Tidak ada ilmu yang lebih indah selain ilmu iman.” -- Abu Tumin Blang Bladeh

dariaceh