Alamat Digitalmu, 100% gratis!

TOPICS :

Daya Tampung Lengkap dan Jadwal UTBK-SBMPTN Universitas Syiah Kuala

DARIACEH: Tahapan UTBK-SBMPTN, termasuk di Universitas Syiah Kuala akan resmi berlangsung mulai tanggal 15 Februari 2022. Serentak di seluruh PTN di Indonesia.

Begitupula halnya dengan Universitas Syiah Kuala (USK). Sebagai perguruan tinggi terbaik di Aceh dan 20 universitas terbaik di Indonesia, USK juga telah menetapkan kuota mahasiswa baru tahun 2022.

ADVERTISEMENT

Kuota mahasiswa baru tahun 2022 terbagi dalam tiga jalur seleksi. SNMPTN sebanyak 25 persen, UTBK-SBMPTN 45 persen, dan SMMPTN 30 persen.

Untuk pendaftaran SNMPTN atau jalur undangan, saat ini masih sedang berlangsung. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan pendaftaran SNMPTN hingga 28 Februari 2022. Sedangkan pengumuman kelulusan pada 29 Maret 2022.

Baca juga: Jelang SNMPTN 2022, Cek 10 Prodi Favorit di Universitas Syiah Kuala

ADVERTISEMENT

Bila melihat jadwal UTBK-SBMPTN yang ada, mereka yang tidak lulus SNMPTN masih berkesempatan untuk mendaftarkan dan mengikuti seleksi melalui jalur UTBK-SBMPTN.

Berikut jadwal UTBK-SBMPTN selengkapnya melansir dari laman resmi Kemdikbud:

  1. Registrasi akun LTMPT: 14 Februari-17 Maret 2022
  2. Pendaftaran: 23 Maret-15 April 2022
  3. UTBK-SBMPTN gelombang 1: 17-23 Mei 2922
  4. UTBK-SBMPTN gelombang 2: 28 Mei-3 Juni 2022
  5. Pengumuman hasil seleksi: 23 Juni 2022
  6. Masa unduh sertifikat UTBK-SBMPTN: 25 Juni-31 Juli 2022

Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Tekhnologi (Diktiristek) Kemdikbud, Nizam menjelaskan, kelulusan SBMPTN berdasarkan nilai pada saat mengikuti Ujian Tubs Berbasis Komputer (UTBK). Tetapi PTN juga dapat menetapkan kriteria kelulusan lainnya.

Nizam memberi tips bagi para calon mahasiswa baru dalam memilih program studi yang tersedia. “Pilih program studi sesuai dangan minat dan bakat, sehingga dapat menjalankan perkualiahan dengan bahagia yang akan menentukan pilihan pekerjaan untuk masa depan,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Sementara jalur seleksi ketiga, yakni SMMPTN akan diumumkan kemudian dan dilaksanakan setelah setelah SBMPTN.

Kuota Mahasiswa Baru Tahun 2022 USK

Secara keseluruhan, tahun 2022 ini, USK menerima 7.783 mahasiswa baru dari berbagai program studi. Terbanyak adalah Prodi Ilmu hukum yang menerima 440 mahasiswa dari tiga jalur yang tersedia.

Sementara Prodi paling favorit, seperti Pendidikan Dokter menerima 250 mahasiswa dan 60 mahasiswa baru untuk Prodi Farmasi.

Sedangkan untuk Prodi dengan jumlah kuota paling sedikit adalah Perencanaan Wilayah dan Kota serta Farmasi yang masing-masing menerima 60 mahasiswa baru. Minus kelas PDD Gayo Lues.

Berikut daya tampung selengkapnya dari semua Prodi yang ada di USK.

Daya tampung mahasiswa ini berdasarkan SK Rektor USK yang ditandatangani Prof Samsul Rizal, Nomor: 67/UN11/KPT/2022, Tanggal 6 Januari 2022:

Daya Tampung Mahasiswa Baru USK 2022

Selanjutnya pada halaman 2 lampiran SK Rektor USK adalah sebagai berikut:

Daya Tampung Mahasiswa Baru USK 2022

 

ADVERTISEMENT

Related stories:

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

Nasir Djamil: dari Jurnalis ke Panggung Politik

Nasir Djamil adalah satu dari segelintir politisi yang vokal dan konsisten mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat. Untuk itu, iapun sering kali...

Maaf, di Pemilu 2024 ini KTP Kami Masih Merah Putih

PEMILU 2024., Banda Aceh - Intonasi bicaranya menekan lawan bicara. Ia baru kami kenal kembali setelah 10 tahun berlalu. Istri saya. Ia memang super...

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5

Tinggalkan ulasan

Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.  

TERKINI

Yuk! Cek DPT Online, Lokasi dan Syarat Memilih di TPS

Cek DPT online.kpu.go.id pada Pemilu 2024 dapat dilakukan melalui alamat resmi KPU. Ketahui cara ceknya, lokasi dan syarat memilih di sini!

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

6 Tips Mendidik Anak Menurut Islam di Dalam Surat Luqman

D‌ARIACEH: Anak adalah amanah Tuhan yang dititipkan kepada kita sebagai penerus kehidupan di muka bumi ini. Kehadirannya ke dunia merupakan takdir Ilahi. Karenanya Allah...

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Islam Digest

Bos Hyundai Asia Pacific Jadi Mualaf...

Lee betah hingga sebulan penuh tinggal di sebuah keluarga Aceh. Usianya baru 23 tahun. Lima tahun kemudian ia mantap menjadi mualaf.

Surat-Surat Sultan Aceh vs Belanda Menjelang...

Sultan Aceh terang menyatakan menolak mengakui kedaulatan Sri Paduka Raja Belanda atas Aceh. Inilah awal invasi ke-1 Belanda, April 1873.

Karya dan Aceh Dimata Ulama Sejak...

Aceh adalah kiblat utama dalam sejarah tradisi keilmuan Islam di Asia Tenggara. Ulama Aceh juga mengilhami karya ulama nusantara berikutnya.

10 Top Website Universitas Terbaik Dunia...

Website yang simpel dan mobile friendly kini menjadi pilihan semua universitas terbaik di dunia dan Indonesia saat ini.

Mengupas Kembali Peutuah Abu Tumin tentang...

“Tidak ada ilmu yang lebih indah selain ilmu iman.” -- Abu Tumin Blang Bladeh

dariaceh