SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
ProfilHerman Fithra

Herman Fithra

Save

DARIACEH: Janji Putih yang dicover dari versi asli milik Doddie Latuharhary membawa rektor Universitas Malikussaleh viral di warganet. Versi aslinya rilis pertama kali tahun 2015.

Hingga hari ini, 26 November 2021, orang yang menonton klip tersebut di Youtube telah mendekati angka 19 ribu dan terus bergerak naik setiap menitnya. Ditambah 2,5 ribu like. Terselip berbagai komentar yang memuji suara emasnya.

ADVERTISEMENT

Empat hari lalu, melalui akun Youtube Jejak Herfith Unimal, ia mengupload lagu Janji Putih. Cover by. Prof Herman Fithra. Meneguhkan kesetiaannya kepada sang istri. Video klip itu mendapat dukungan dari UPT Bahasa, Kehumasan dan Penerbitan, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe. Daerah dengan jejak Islam pertama di Indonesia.

Baca juga: Sanksi Adat yang ini Tidak Dibolehkan Kepada Pelanggar Syariat Islam

Proses Pembuatan Video Klip

Mereka membuatnya dengan sangat menarik. Apalagi modal suara Prof Herman yang menyembunyikan bakat terpendam.

ADVERTISEMENT

Dari laman Instagram miliknya, video itu adalah hasil karya talent-talent muda Unimal, yaitu mahasiswa-mahasiswa profesional yang berkembang di lingkungan kampus.

Pembuatannya bertujuan untuk memeriahkan acara wisuda Unimal pada tanggal 20 November 2021 kemarin.

Janji Putih adalah lagu yang kembali viral dalam sebulan terakhir ini setelah banyak artis mengcover ulang lagu tersebut. Via Vallen feat Chevra salah satunya. Belakangan Happy Asmara mengikuti jejak Via. Tak ketinggalan Anang Hermansyah dan Judika, penyanyi papan atas Indonesia ikut bereaksi atas Janji Putih ini.

Menariknya, Prof Herman adalah dari kalangan Generasi X dan pejabat publik pertama yang mengcover Janji Putih di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Semuanya viral di Media Sosial dan menarik banyak minat orang untuk menontonya di Youtube. Tidak terkecuali Janji Putih Prof Herman.

Janji Putih mengisahkan tentang sosok yang berjanji akan menjaga orang yang disayanginya.

Lirik dari lagu ini adalah campuran antara bahasa Indonesia dan Maluku.

Baca juga: Tekanan Politik & Terbakarnya Istana Kerajaan Aceh

Kisahnya, di video klip tersebut Prof Herman walau telah menduduki posisi nomor satu di Unimal, masih sempat menemani istrinya memasak, makan bersama hingga mengantarnya dengan sepeda motor yang safety riding.

Tidak hanya itu, terselip logo Unimal pada baju mereka berdua. Meneguhkan eksistensi dan kreatifitas rektor bersama para mahasiswanya.

Profil

Tahun 2002, ia kembali ke Aceh. Meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Operasional Ira Widya Utama & Grup di Medan, Sumatera Utara. Takdir kemudian membawanya ke tampuk kepemimpinan Universitas Malikussaleh.

Prof. Dr. Ir. Herman Fithra, ST., MT, IPM., ASEAN.Eng. Rektor Universitas Malikussaleh periode 2018-2022. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjana Teknik Sipil di Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 1998.

Sebagai anak rantau yang uang kuliahnya pas-pasan, semasa kuliah di USU ia merapel sarapan pagi bersama makan siang untuk menghemat uang. Belum lagi harus berjalan kaki hingga lebih dari 1 kilometer setiap harinya.

Tetapi pendidikan Diplomanya di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Selanjutnya Prof Herman meneruskan pendidikan jenjang Masgister Teknik Transportasi di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, tahun 2005.

Lalu pada tahun 2018, Prof Herman menyelesaikan pendidikan Doktor Perencanaan Wilayah Bidang Ilmu Sistem dan Teknik Transportasi di almamaternya dulu, Universitas Sumatera Utara.

Sebelum terpilih sebagai Rektor Unimal, beliau adalah Dekan Fakultas Teknik dan pernah menjabat sebagai anggota Senat Fakultas, Kepala Laboratorium, dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil.

Prof Herman juga pernah menjadi staf di Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Aceh Utara selama setahun, 1993-1994. Sesaat baru usai pendidikan Diplomanya di Universitas Syiah Kuala.

Dalam pemilihan Rektor Unimal tahun 2018, Prof Herman berhasil meraih suara mayoritas dengan 46 suara. Mengalahkan Iskandar Zulkarnaen, Ph. D, 2 suara, dan Dr. Wesli, MT yang tidak memperoleh suara.

ADVERTISEMENT

Related stories:

Mengupas Kembali Peutuah Abu Tumin tentang Malakat Kana Lam Jaroe…

“Tidak ada ilmu yang lebih indah selain ilmu iman.” -- Abu Tumin Blang Bladeh

In Memoriam Prof Muslim: Dari Analogi Kereta Api Hingga Anggaran di DPRA

Dengan agak sedikit tergopoh-gopoh saya menyusul sosok ketua MPU Aceh dari belakang. Bayang tubuhnya yang disinari temaram lampu terlihat menunduk. “Maaf, hari ini saya...

Abu Mudi

Tahun 1972 Abu Mudi masuk kelas Bustanul Muhaqqiqin di Dayah MUDI Mesjid Raya.

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.