SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

+
HistoriaWatak Orang Aceh Menurut Media Inggris...

Watak Orang Aceh Menurut Media Inggris Times

Save

DARIACEH: Sulit bagi Belanda memahami watak orang Aceh. Invasi kedua terhadap mereka pada Mei 1873 telah memaksa Belanda menurunkan kekuatan penuh untuk melawan orang Aceh. Bahkan dengan mengikut sertakan 243 perempuan.  Termasuk perempuan perawan dan belum menikah.

Tidak tanggung-tanggung, Belanda membawa 12.101 orang untuk menginvasi Aceh. Lengkap dengan berbagai peran yang akan mereka jalankan masing-masing. Kekuatan besar ini mereka ambil setelah mempelajari tekad perjuangan dan watak orang Aceh.

Kopi Terakhir Teuku Umar

ADVERTISEMENT

Selain perempuan, Belanda mengirim 389 perwira, 7.888 prajurit, 16 sipil, 32 perwira dokter, dan 3.565 tahanan.

Dahsyatnya perang Aceh-Belanda, melansir buku Aceh Sepanjang Abad, karya wartawan pejuang H. Mohammad Said, akhirnya membawa Times untuk mengutus seorang wartawan perangnya ke Aceh.

ADVERTISEMENT

Salah satu fokus liputan wartawan perang Times adalah mempelajari dan menulis tentang watak orang Aceh.

More coverage:

Mengupas Kembali Peutuah Abu Tumin tentang Malakat Kana Lam Jaroe…

Times adalah sebuah media terkemuka yang berkedudukan di Inggris.

Restu Inggris

Walau awalnya memberi lampu hijau kepada Belanda untuk mencaplok Aceh, Pemerintah di London-Inggris akhirnya menyimpan kemarahan besar terhadap serangan Belanda tersebut.

ADVERTISEMENT

Lord Stanley, Menteri Luar Negeri Inggris malah mengancam untuk ‘membuka kartu.’ Dia mengatakan bahwa Inggris telah ikut menelan kerugian besar akibat perang Aceh.

Sebelumnya, berdasarkan perjanjian 1871, Inggris tidak menghalangi Belanda menyerang Aceh. Tetapi, sebagai gantinya, Inggris memperoleh keleluasaan untuk berniaga di Sumatera bagian Utara.

Namun, yang terjadi malah sebaliknya. Akibat Belanda mengepung pantai Aceh, ekspor-impor terhenti. Bahkan, para saudagar asal Penang dan Singapura sampai kehilangan pasar.

Padahal, kerjasama perdagangan Inggris dengan Penang-Singapura sedang meningkat.

Media-media Belanda dan Inggris, tidak hanya Times, Mornign Post juga malah memberitakan bahwa orang Aceh sebenarnya adalah sahabat Inggris yang sudah lama dan memiliki watak dan sifat setia.

Morning Post juga mengkritik sikap Inggris. Padahal, orang-orang Aceh telah meminta bantuan mereka saat sedang mengalami kesulitan.

“Bukan menolong, malah kita (Inggris, Red) cegah Aceh mendapat kemungkinan bantuan dari negara-negara lain,” tulis Morning Post.

Pemberitaan Times 

Times menggambarkan bahwa Belanda telah mendapat lawan yang seimbang. Musuh yang belum pernah mereka temukan sebelumnya di seluruh Samudera ini.

“Satu-satunya kekurangan Aceh adalah sistem persenjataan,” tulis Times.

Kuatnya karakteristik, watak, dan kekuatan orang Aceh, menurut Times, melebihi kekuatan yang Inggris temui di Afrika Barat.

Para pejuang Aceh memiliki kekuatan dan strategi perang. Tidak mudah bagi Belanda untuk merebut wilayah kekuasaan Aceh.

“Bila pejuang Aceh memiliki persenjataan yang seimbang, pasti Belanda tidak mampu menduduki wilayah Aceh,” lanjut Times.

Namun, tetap saja, seandainya perang berlangsung satu lawan satu, Times menggambarkan akan sulit bagi Belanda melawan kegigihan dan keuletan pejuang Aceh.

“Maka, jelas betapa berat beban yang harus Belanda pikul,” tulis Times lagi.

More Coverage:

Banda Aceh Tahun 1621 Dalam Gambaran Laksamana Perancis

Watak Orang Aceh

Menurut Times, rakyat Aceh adalah tipe orang dengan watak yang sangat tabah dan memiliki tekad luar biasa. Malah lebih memilih tewas (syahid) saat-saat detik akhir ketimbang tunduk pada penjajah (kafir) Belanda.

Kegigihan itu akhirnya tersiar ke luar Aceh. Negara-negara lain lalu menyimpulkan bahwa Belanda tidak mampu mencapai hasil yang mereka ingin dengan menginvasi Aceh.

Dariaceh-Acehnese, Watak Orang Aceh, Aceh
Watak Orang Aceh. (REPRO: Dariaceh.com)

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news Dariaceh.com. Mari bergabung dalam Instagram “dariacehcom” dengan mengklik link instagram.com/dariacehcom, lalu follow. Bisa juga bergabung ke laman Facebook “Dariaceh.com” dengan cara klik link facebook.com/Dariacehcom, kemudian ikuti. 

ADVERTISEMENT

Related stories:

Enam Strategi “All Eyes on Rafah” Indonesia Mendukung Palestina

YOGYAKARTA, Dariacehcom - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan enam strategi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina, “All Eyes On Rafah.""Situasi Palestina semakin memburuk....

Kumpulan Video Aksi Pemain Belanda Berdarah Meulaboh di Lapangan Hijau

Calvin Verdonk, 27, putra berdarah Meulaboh dari garis keturunan Ayahnya.

Penari India Puji Kopi Aceh di Gelar Melayu Serumpun

MEDAN, Dariacehcom - Penari tradisional asal India memuji kuatnya rasa kopi Aceh."Tapi rasanya nikmat," katanya pada acara "Gelar Melayu Serumpun" di Istana Maimun Medan,...

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

Kopi Terakhir Teuku Umar

Malam itu Umar bersama pasukannya sedang terjepit. Pasukan Jenderal Van Heutsz mengepung mereka.  Pertengahan Juni tahun 1878, suami pertama Cut Nyak Dhien, Ibrahim Lamnga syahid...

Seberapa artikel ini bermanfaat bagi Anda?

0 dari 5
 
Dapatkan update artikel pilihan Dariaceh.com dengan bergabung ke Instagram “dariacehcom” dan laman Facebook “Dariaceh.com”.
 
 

Jejak Yahudi yang Dimakamkan di Aceh Setelah 105 Tahun Tewas

"O, God, ik ben getroffen!" Ia berteriak. Nafasnya terengah-engah. Hilang seketika sikap berpongah-pongahnya. By TEUNGKUMALEMI Filed: 1 Desember 2023, 03:09  BANDA ACEH, Pantè Ceureumén Nama belakangnya merujuk pada...

15 Universitas Islam Terbaik Tahun 2023 versi 3 Lembaga Internasional

DARIACEH: Tiga situs dari lembaga pemeringkatan kampus terbaik di dunia, yaitu Webometrics, EduRank, dan UniRank sepanjang tahun 2023 telah mengumumkan kembali mana saja universitas...

dariaceh

O Allah

Video musik ini dinyanyikan Harris J dengan judul,...

Himne Aceh

Cipt. Mahrisal RubiBumoe Aceh nyoe keuneubah Raja, Sigak meubila Bangsa... Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada, Meutuah bijèh Aceh mulia...Reff. E Ya Tuhanku...Rahmat beusampoe.. Neubri Aceh nyoe beumulia...Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe.. Aréh keu...

Tahayya

“Tahayya” (Bersiaplah) — adalah video musik untuk merayakan Piala Dunia FIFA Qatar 2022, menampilkan Maher Zain dan Humood AlKhudher.

Meudèëlat Tubôh

♫ 𝗟𝗜𝗥𝗜𝗞 ♫𝘚𝘢𝘩 𝘵𝘶𝘣𝘰̂𝘩 𝘯𝘨𝘰̂𝘯 𝘫𝘪𝘩 𝘭𝘢𝘩𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘩𝘢𝘵𝘦́ 𝘥𝘪𝘬𝘦́ 𝘣𝘦𝘶𝘴𝘪𝘮𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘚𝘢𝘩 𝘶𝘳𝘢𝘵 𝘥𝘢𝘳𝘢𝘩 𝘪𝘭𝘦́ 𝘚𝘢𝘩 𝘮𝘢𝘵𝘦́ 𝘵𝘢𝘯 𝘭𝘦́ 𝘴𝘰𝘦̈ 𝘴𝘦𝘶𝘳𝘦𝘶𝘵𝘢𝘎𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘶𝘣𝘶𝘦̈𝘵 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘴𝘦𝘶𝘮𝘪𝘬𝘦́ 𝘔𝘶𝘴𝘦𝘶𝘬𝘦́ 𝘱𝘦𝘶𝘨𝘭𝘢 𝘯𝘨𝘰̀𝘯 𝘵𝘢𝘱𝘦𝘶𝘯𝘢 𝘎𝘭𝘢𝘩...

ISLAM

Portal Islam Terbaik di Indonesia

DARIACEH: Belajar Islam secara online kini seolah menjadi trend tersendiri untuk sebagian kalangan. Terlebih kini banyak portal Islam berseliweran di internet. Padahal berguru secara...

Wara Sebagai Syarat Mencapai Kebahagiaan

Wara adalah salah satu jalan untuk mencapai konsepsi bahagia dalam Islam.Secara bahasa wara berasal dari kata "taharruj" yang artinya menjauhi dosa atau berhati-hati. Sedangkan menurut...

Duka Palestina dalam Angka dan Cerita versi Aljazeera

Mahmoud ingin menjadi jurnalis, sama seperti ayahnya. Bertekad untuk berbagi kisah tanah airnya dengan dunia, remaja berusia 16 tahun, yang dikenal sebagai “Wael muda” bersama...

TERKINI DI DARIACEH.COM

Cut Nyak Dhien

Usianya terus menua. Menginjak 51 tahun ketika Umar syahid di Lhok Bubon 11 Februari 1899. Ia terus berjuang dengan sebilah rencong, meskipun mata rabun dan pinggangnya encok.